Tentara itu apa sih?

Kemarin kami jalan-jalan ke Bogor dan tidak sengaja melewati bandar udara Atang Sanjaya di Bogor. Bandar udara tersebut memang dibangun dan dipakai oleh angkatan udara TNI.

Selain ada bandar udara, di komplek tersebut terdapat beberapa barak dan asrama TNI AU.

Kemudian, tiba-tiba Afni bertanya, “emang Indonesia punya tentara (soldier)? Kan kita sedang tidak perang? Terus mereka kerjanya apa?”.

 

Image result for lambang TNI
sumber gambar: suara.merauke.go.id

Hahaha. Setau saya tentara akan tetap latihan, bekerjanya ya latihan. Baik latihan atau sekolah di kelas maupun latihan militer di lapangan. Bisa juga ditempatkan di daerah-daerah terutama daerah perbatasan dengan negara lain. Agar damai dan menjaga keutuhan NKRI.

Kebetulan, Bapaknya Afni dari SMA Taruna Nusantara Magelang, dimana sekolah tersebut cukup semi militer. Banyak teman-temannya yang masuk dan berkarir sebagai militer.

Bapaknya Afni bercerita, militer itu ada tiga: Army (TNI Angkatan Darat), Marines atau Navy (TNI Angkatan Laut), dan Air Force (TNI Angkatan Udara). Mereka bertugas menjaga keutuhan NKRI di darat, di laut, dan di udara.

Terutama di laut, mereka menjaga lautan kita dari kapal-kapal asing yang melewati atau melintasi laun Indonesia, apalagi sampai mencuri ikan di laut Indonesia. Sedangkan yang di darat, menjaga wilayah pedalaman dan perbatasan. TNI juga bertugas membantu warga apabila terjadi bencana alam. Ada juga Pasukan Khusus yang biasanya mengawal Presiden atau melakukan kegiatan lebih khusus. Masih banyak tugas mulia TNI. Terima kasih TNI.

Tetap semangat Afni untuk selalu belajar.

Kisah Ashabul Kahfi

Kebetulan saya sedang mengaji surah Al Kahfi (index di Al quran). Setiap magrib anak-anak mendengarkan saya mengaji dan saya bacakan artinya. Salah satunya mengenai kisah Ashabul Kahfi.

Ashabul Kahfi (berdasarkan sumber wikipedia dan islam.nu.or.id) merupakan 7 pemuda dan 1 anjing yang bersembunyi dan tertidur selama ratusan tahun di dalam gua. Pemuda tersebut hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi, beberapa ratus tahun sebelum diutusnya Nabi Isa AS.

Mereka hidup di tengah masyarakat penyembah berhala dengan seorang raja yang dzalim. Ketika sang raja mengetahui ada sekelompok pemuda yang tidak menyembah berhala, maka sang raja marah lalu memanggil dan memerintahkan mereka untuk mengikuti kepercayaan sang raja.

Akan tetapi Ashabul Kahfi menolak perintah itu dan lari menjauh dari sang raja. Dikejarlah mereka untuk dibunuh. Namun, mereka selamat dari kejaran pasukan raja dengan bersembunyi di sebuah gua.

Mereka terbangun setelah ratusan tahun. Dan terkaget-kaget, ketika melihat lingkungan di sekitar gua berubah. Mereka mencoba masuk ke pusat kota dan menggunakan uang yang mereka pegang ke pasar untuk membeli makanan, namun uang tersebut sudah tidak berlaku.

Menimba Teladan dari Kisah Pemuda Ashabul Kahfi
sumber gambar: islam.nu.or.id

Begitulah kira-kira sepenggal kisah Ashabul Kahfi.

 

Food chain atau rantai makanan

Gegara baca postingannya Pak Dahlan Iskan mengenai nyamuk, saya jadi cerita sama Afni sembari main tebak-tebakan. Jadi menurut tulisannya Pak Dahlan, bahwa China telah berhasil melakukan percobaan untuk menghilangkan nyamuk 100% di suatu pulau di China.

Saya jadi tebak-tebakan sama Afni, ketika Afni mengeluh soal banyaknya nyamuk di rumah sampai-sampai menggigit Afni dan Faiz saat tidur.

“Afni kalo misalnya nyamuk ga ada sama sekali di bumi ini atau setidaknya di Depok, gimana?”

Afni menjawab, “Wah seneng dong, aku ga gatal-gatal atau bentol lagi karena digigit nyamuk. Penyakit yang dibawa (ditularkan) oleh nyamukpun menjadi berkurang.”

saya jawab kembali “nyamuk dimakan oleh siapa sih?”

Afni bilang “sama kodok atau cicak”

“Kalau nyamuk hilang, kodok dan cicak kelaparan ga?”

Afni jawab “iya.”

saya jawab lagi “jadi kalo nyamuk hilang, kodok dan cicak ikut hilang, kemudian kodok dan cicak dimakan siapa? haha” kita sama-sama bingung.

Namun, Afni langsung mengerti bahwa yang sedang dibicarakan adalah mengenai rantai makanan.

Biasanya dibuku-buku diceritakan dari mulai rumput atau tumbuhan yang dimakan oleh hewan herbivora seperti rusa atau sapi. Kemudian herbivora akan dimakan oleh hewan karnivora seperti singa dan harimau. Dan harimau mati bisa dimakan oleh burung bankai ataupun diuraikan oleh organism.

Afni juga bercerita, bahwa rantai makanan tidak hanya terjadi di darat. Di lautpun terdapat rantai makanannya.

Image result for rantai makanan
sumber gambar : gurupendidikan.com

 

 

Semangat Afni.

Banjir dan badai di kisah Nabi Nuh As

Faiz yang sedang tergila-gila dengan Natural Disaster. Saya coba kombinasikan dengan kisah-kisah Nabi. Salah satunya kisah Nabi Nuh As tentang terjadinya banjir dan badai besar.

Nabi Nuh As, sudah berusaha untuk berdakwah mengajak kaumnya untuk beriman pada Allah. Baik dakwah secara sembunyi maupun secara terang-terangan. Karena kaumnya saat itu tetap tidak mau beriman kepada Allah. Maka, Nabi Nuh As berdoa kepada Allah bagaimana untuk meyakinkan kaumnya agar bisa beriman kepada Allah.

Maka, Allah memerintahkan kepada Nabi Nuh As, untuk membuat bahtera atau kapal yang sangat besar di suatu bukit. Beberapa kaumnya mengolok-olok, karena dianggap tidak masuk akal membuat perahu di atas bukit. Untuk apa? Bukankah sangat jauh dari laut dan sungai.

Setelah saatnya tiba, terjadi hujan badai yang sangat besar. Beberapa orang yang beriman ikut naik ke atas bahtera Nabi Nuh As. Selain kaum yang beriman, ikut pula hewan-hewan baik yang buas maupun yang tidak.

Berikut adalah penggambaran banjir di zaman Nabi Nuh As.

Image result for banjir nabi nuh
sumber gambar: suara.com

Percobaan listrik statis

Kalau bepergian ke mall dan makan di suatu resto di mall, terkadang ada yang memberi merchandise balon. Yang sebenernya ini trik marketing, supaya nama resto tersebut kita bawa-bawa dan orang melihat. hihihi.

Jadi, kembali ke balon. Sembari menunggu makanan datang, Afni dan momi iseng-iseng melakukan eksperimen listrik statis dengan cara menggosok-gosokan balon ke baju kemudian balon tersebut didekatkan ke rambut, maka rambutnya akan tertarik ke arah balon (bahkan sampai menempel di balon).

Mengapa disebut listrik statis? karena kumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang tetap (statis). Listrik statis berhubungan dengan gejala kelistrikan yang diam alias tidak mengalir.

Dapat dikatakan juga listrik statis timbul karena adanya fenomena dimana benda-benda yang memiliki aliran listrik saling berpautan tanpa adanya sumber daya listrik atau dengan kata lain benda tersebut dapat menghasilkan proton maupun elektron tanpa menggunakan elemen pembangkit energi listrik. (sumber: http://www.pengertianku.net/2015/10/pengertian-listrik-statis-dan-contohnya.html)

Mengapa balon bisa menarik rambut? Karena rambut yang asalnya bermuatan netral akan terinduksi akibat tertarik muatan negatif yang terdapat pada balon.

Sebetulnya ada banyak percobaan mengenai listrik statis ini, seperti yang dikutip dari https://www.yuksinau.id/listrik-statis/:

      1. Saat menyisir rambut, tterkadang rambut akan terbawa berdiri sendiri beriringan dengan gerakan sisir. Hal tersebut terjadi karena ada interaksi muatan antar sisir dengan rambut.
      2. Penggaris atau sisir yang digosok-gosok ke rambut atau tangan kering akan menarik potongan kertas kecil.
      3. Debu yang tertempel pada layar tv
      4. Ketika Anda mendekatkan tangan ke layar TV yang baru saja dimatikan. Perhatikan bulu atau rambut yang ada di tangan Anda akan berdiri.

Apakah Indonesia bersahabat dengan Amerika?

Ini pertanyaan Afni sewaktu kami menunggu antrian dokter. Saya masih ingat, sewaktu kecil, luar negeri adalah Amerika. Amerika adalah luar negeri. Maksudnya kalo bicara luar negeri berarti Amerika. Seakan-akan Amerika adalah negara selain Indonesia yang diketahui oleh anak-anak.

Begitu kental dan mudah dikenalnya Amerika oleh anak-anak Indonesia. Tetapi tidak sebaliknya.

Ketika Afni bertanya, apakah Indonesia bersahabat dengan Indonesia? Saya jawab, Indonesia dan Amerika berteman. Namun, karena terhalang jarak yang cukup jauh, hingga hubungan pertemannya tidak “dekat”. Tidak seperti Amerika dan Kanada yang berdampingan dan saling melengkapi satu sama lain.

Berdasarkan website kemenlu, “Hubungan diplomatik RI-AS dibuka secara resmi pada 28 Desember 1949 dan kini berada pada tahapan Strategic Partnership. Sebuah tahapan penting bagi Indonesia dan AS untuk secara bersama-sama berbagi tanggung jawab mencari solusi atas tantangan-tantangan global, sembari menguatkan kerja sama strategis antara kedua negara.“.

Sedangkan secara ekonomi juga, sangat perdagangan antara Indonesia-Amerika volumenya masih tergolong kecil (bila dibandingkan dengan China Indonesia, atau Jepang Indonesia). Sangat jarang kita memakai produk yang diproduksi di Amerika. Kecuali gadget dari Apple. Bapaknya Afni sih berharap Tesla bisa segera masuk ke Indonesia. hehe.

Saya senang membuka peta Amerika bersama anak-anak. Mungkin karena pengaruh youtube, beberapa channel youtube seperti Ryan Toys Review, Blippi, dan J House, diproduksi di Amerika sehingga sering menampilkan latar belakang suasana di Amerika. Sehingga, mereka berharap suatu saat bisa pergi ke sana. Amin.

Image result for indonesia amerika

Baiknya demam

Hari ini Afni tidak masuk sekolah. Padahal sekolah baru mulai masuk kemarin, dan Afni sudah sangat kangen dengan teman-temannya. Kasian Afni.

Hari ini Afni terkena demam dan sedikit diare. Sepulang sekolah kemarin tiba-tiba merasa meriang, langsung demam tinggi dan sepanjang subuh diare. Ini percis seperti yang saya alami pada hari Kamis malam sampai Jumat. Dan Jumat malam pergi ke dokter karena komplikasi dengan maag juga.

Walaupun Afni sedang sakit, tetapi pikirannya masih ingat. Afni bertanya “mama kalo aku demam apa dalam tubuh aku sekarang lagi berperang?”

“Benar sekali Afni, saat demam, tubuh Afni berusaha memberikan panas supaya virusnya mati. Jadi sekarang semua tentara dalam darah Afni sedang bekerja, yaitu sel darah putih. Jadi sabar ya dan berdoa pada Allah semoga tubuh Afni kuat melawan semua penyakitnya”.

Semoga cepet sembuh Afni dan bisa ke sekolah lagi.

Image result for sel darah putih bekerja melawan virus
sumber: sindonews ilustrasi sel darah putih melawan virus