UP, best animation ever launched this year

Film animasi lucu dan jenaka, penuh kejutan. Awal film memang agak aneh, menampilkan kumpulan awan-awan pencipta makhluk hidup (binatang), yang diantarkan oleh burung-burung gagak.
Tapi film ini menceritakan seorang kakek petualang yang dimulai dari sejak kecil. Kakek tersebuh bernama Carl Fredricksen, saat bermain tidak sengaja dia bertemu dengan Ellie, keduanya mempunya hobi petualan dan idola sang petualang yang sama, yaitu Charles Muntz.

Carl dan Ellie hidup bahagia bersama, namun cita-cita mereka untuk membangun rumah di Amerika Selatan dekat Air Terjun Surga belum terwujud karena banyak hal dan halangan. Hingga Ellie meninggal, mereka belum bisa mewujudkan impiannya itu.
Carl tinggal di tengah perkotaan yang sedang dibangun gedung-gedung apartemen tinggi, pemerintahan sudah berkali-kali mengajak Carl pindah ke panti jompo, tapi Carl selalu enggan.

Kemudian, datanglah seorang anak kecil bernama Russel yang sedang mengumpulkan lencana petualangannya, menawarkan bantuannya kepada Carl supaya Russel mendapatkan lencana membantu orang tua. Carl kesal dengan tingkahnya Russel, yang dianggap mengganggu, hingga Carl menyuruhnya untuk pergi dan kembali apabila telah menemukan burung Snipe.

Pada suatu hari, Carl mendapati masalah dengan salah satu kontraktor pembangunan apartemen di dekat rumahnya, akibat ulahnya itu, Carl akan dijemput untuk dipindahkan ke panti jompo Shady Oaks. Tetapi Carl bersikeras, dengan akalnya, dia membuat 10ribu balon untuk menerbangkan rumahnya. Dengan bantuan kompas dan tali yang dia lilitkan ke gording dia mengemudikan rumahnya itu.

Betapa terkejutnya Carl, ketika rumahnya terbang, tiba-tiba ada yang mengetuk pintu. Tak disangka Russel pun datang dan membuat sedikit kekacauan. Akhirnya, mereka pun mendarat di hutan Amerika Selatan dan dekat dengan tujuan akhirnya itu, di Air Terjun Surga. Namun, di tengah perjalanan tiba-tiba mereka bertemu dengan burung Snipe yang dinamai Kevin oleh Russel dan bertemu dengan Anjing, Dug.

Dug tidak sendirian, dia mempunyai banyak teman untuk menangkap Kevin. Ternyata tuan dari semua anjing tersebut adalah Muntz, seorang petualang yang diidolakan Carl semasa kecilnya. Muntz melarikan diri ke hutan, karena terbukti memalsukan rangka burung sejenis Kevin, oleh karena itu Muntz sangat berambisi untuk menangkap Kevin.

Petualangan Carl mencapai Air Terjun Surga dan penyelamatan Kevin dari tangkapan Muntz mewarnai film ini.
Apakah Carl bisa mewujudkan impian istrinya itu? Apakah Kevin berhasil ditangkap?
Dan menurut saya, film ini film animasi terbaik dari segi cerita maupun gambarnya.

6 thoughts on “UP, best animation ever launched this year

  1. nah ini lengkap resensinya..
    film-film kartun anak-anak kayak gini malah terkadang sangat menginspirasi daripada sinetron-sinetron di tipi..
    masuk daftar tonton nih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s