Sherlock Holmes detektif ilmiah

Sudah lama rasanya tidak mereview tentang film, karena sudah lama juga saya tidak pergi menonton. Kemarin minggu pertama kali nonton di Blitz Megaplex Teras Kota, BSD. Dan mengaggumkan. Layarnya lebar dan besar, tetapi kursinya memang kurang empuk. Tapi over all, menyenangkan.

Sherlock Holmes adalah tokoh detektif kebangsaan Inggris yang dalam menjalankan aksi-aksinya selalu melibatkan metode-metode dan teori ilmiah (fisika, kimia). Tokoh ini “diciptakan” oleh Sir Arthur Conan Doyle. Dalam film ini, tokoh sang detektif diperankan oleh Robert Downey Jr (aktor dalam film Iron Man). Dalam menjalankan aksinya, dia dibantu oleh sahabatnya, seorang dokter, dr. Watson yang diperankan oleh Jude Law.

Di bagian awal film, disuguhkan seorang penjahatnya, Blackwood, yang sedang menjalankan ritual ilmu hitamnya, membunuh seorang gadis. Sang detektif dan sang dokter berhasil menghentikannya yang kemudian berhasil membawa sang penjahat ke penjara. Sampai akhirnya menjalankan hukuman gantung.

Lord Blackwood adalah penjahat yang selalu meresahkan publik dengan ilmu-ilmu hitamnya yang ingin menguasai Inggris. Kegelisahan masyarakat bertambah, ketika terkuak berita bahwa Blackwood bangkit dari kubur. Dan karena inilah Holmes tertantang untuk memecahkan misteri Blackwood.

Tidak lengkap rasanya, seorang detektif cuek jenaka apabila tidak dikecohkan oleh seorang wanita cantik, sang penggoda sekaligus umpan yang dikirim oleh bos penjahat. Dalam film ini, ada karakter Irene Adler yang dikenal sebagai cinta sejati Holmes, yang diperankan oleh Rachel McAdams. Dan Kelly Reilly bermain sebagai Mary, tunangan Watson yang masa lalunya terkuak oleh penerawangan Holmes.

Film yang diset pada zaman revolusi industri di Inggris membuat film ini terasa klasik mencekam, digambarkan jembatan Londonpun masih dalam tahap pembangunan. Apalagi, penemuan-penemuan analisis sang detektif yang banyak melafadkan teori-teori kimia dan fisika. Semua berasal dari ilmu alam. Di akhir cerita, terbongkarnya misteri Lord Blackwood, ilmu hitam yang fiktip, karena dalam melancarkan misinya, Blackwood sebenarnya memakai cara ilmiah juga.

3 thoughts on “Sherlock Holmes detektif ilmiah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s