Diagnosis Lasik

Hari sabtu tanggal 9 Juli 2011, saya akhirnya melakukan pemeriksaan di iCare lasik. Saat itu saya baru lepas softlens 2 hari.

Pertama saya daftar ke receptionist, kemudian dijelaskan mengenai tehnik, presedur, pre test yang akan dilakukan, sampai resiko-resiko yang muncul setelah menjalani lasik.

Sebelum bertemu dengan dokter, saya melakukan pemeriksaan awal lasik, tidak lupa sebelum itu kita harus lunas dulu membayar fee pemeriksaan lasik. rangkaian pemeriksaan terdiri dari:

  • pemeriksaan minus/plus mata melalui komputer (kita melihat suatu benda pada layar untuk mengidentifikasi besar kelainan refraksi mata)
  • setelah mendapat ukuran, kemudian kita dibantu kacamata dengan lensa yang sesuai dan menyebutkan angka-angka yang di depan layar sejauh 3 meter. 2 poin tersebut untuk memeriksa ukuran kelainan refraksi mata kita.
  • mengukur kornea, alatnya seperti melihat benda-benda yang biru berputar.
  • dan sama mengenai kornea, kita diberi tetes mata kemudian ada benda seperti stetoskop namun diletakan di kornea mata kita.

Setelah itu saya bertemu dengan dokternya, namanya dr Sophia. Hasil diagnosis beliau menyatakan bahwa setelah lasik mata saya masih akan bersisa minusnya 3-5. Waks. Otomatis saya langsung kaget dan down, masa iya udah habis uang yang tidak sedikit tapi masih harus pakai kacamata.

Dua minggu kemudian saya datang kembali ke icare, untuk memastikan lagi hasil diagnosisnya karena saat kedatangan pertama saya baru copot softlens 3 hari. Hasil diagnosis tidak mengalami perubahan, tetap dengan pernyataan yang sama.

Kemudian, saya langsung mencari second opinion. Kemudian saya memutuskan untuk menghubungi Jakarta Eye Center, dan membuat appointment dengan prof Istiantoro, dari pertama telpon saya mendapat urutan 3 minggu yang akan datang, wah lama juga. tapi tidak apa-apa. Sampai tanggal yang ditentukan datang (1 Agustus 2011), saya melakukan tes diagnosis seperti yang dilakukan di iCare, Hasil pengalamanku sih peralatan check up mata lebih baru dan bagus di iCare.

Prof Istiantoro menyatakan minus mata saya bisa habis, dan segera bisa dilakukan tindakan lasik, tapi mungkin karena sibuk dan banyak pasien yang mengantri, si Prof menjelaskan agak terburu2 dan tegas. tapi tidak masalah yang penting dari hasil diagnosisnya mata saya bisa sembuh.

Sebetulnya saya masih bertanya2 juga, kok di iCare menyatakan akan bersisa dan tinggi pula sisanya, apakah perbedaan dari alatnya, ataukah dokternya karena kurang berani ambil resiko. Dari informasi yang saya dapat itu membutuhkan sekitar 16 mikron tebal kornea untuk menghilangkan 1 minus.

Advertisements

25 comments

  1. Bayu · January 1, 2012

    Mba Dian,

    Trus akhirnya Lasik dimana? saya juga rencananya mo di Lasik, tapi masih pilih2 yang terbaik. Mohon infonya ya..

    • dian indah savitri · January 5, 2012

      lasiknya alhamdulilah berhasil, sampai sekarang kondisi mata baik, tidak ada keluhan iritasi maupun lainnya. tp sepertinya minus masih bersisa sekitar 0.75 nih 😀

  2. Yudi · January 7, 2012

    Saya jg habis Lasik 10 Desember 2011 di Samarinda di BKMOM milik Pemprov Kaltim dan biayanya hanya Rp 5.300.000,-,katanya itu disubsidi pemerintah provinsi. Yg lebih beruntung lg dr info yg saya dengar ada sekitar 6 orang yg di Lasik GRATIS sebagai Pasien Percontohan awal. Padahal saya jg mau kl dijadikan korban pertama,apalagi GRATIS. Menurut info dr teman yg habis Lasik di Jakarta Eye Centre,ktnya dia menghabiskan dana sekitar 22jt,mgkn itu termsk biaya akomodasi dr Samarinda pp dan biaya lainnya.

    • dian indah savitri · January 8, 2012

      hai Yudi, wah asik bgt dapat lasik gratis dari pemerintah, mantep deh.
      lasiknya dengan metode apa? zlasik? interlasik? bladelasik? dan kondisi minusnya berapa?
      iya di JEC habis sekitar segitu. 😀
      Tapi karena kondisi mata saya yg minusnya udah gede bgt, bahkan kalo ke iCare ga bisa abis kata dokternya. Jadi ya mau gmn lg hehehe 😀

  3. Yudi · January 9, 2012

    Hai jg Dian,iya sih pastinya sng banget kl bisa dpt yg gratis. Tapi ya saya jg msh beruntung dpt yg biaya 5,3jt bila dibandingkan dg yg di Jakarta,krn dr yg saya dengar tahun 2012 mo naik biayanya.
    Lasik di Samarinda msh bladelasik dan peralatannya dr NIDEK thn produksi 2009 mnrt yg saya baca di http://www.vivaborneo.com dan minus saya kanan 4,25 silindr 1 kiri 3,75 silindr 0,5. Kl mnrt pasien yg sama2 di lasik ktnya dia msh di sisakan 0,5.
    Susahnya di Samarinda pasien mesti lbh dr 20 org,ktnya mesti mendatangkan teknisi buat pendamping saat operasi dan mengikuti jadwal teknisi bisanya kapan yg didtgkan dr Jakarta. Kemarin wkt operasi dilaksanakan 3 hr dr tgl 8 sd 10 Des 2011 dan perharinya 6 org. Saya pun cari amannya br tgl 9 Jan 2012 br berani utk menyiram wajah,krn seblmnya saya hanya menyeka muka saja.

  4. cindy · June 7, 2012

    saya orang samarinda umur juga bru 16 tapi min kanan dah 3,25 kiri dah 4,00
    pengen lasik aja biar cpet sembuh hiks
    tp klo umur segitu kta papa blm boleh iya ga sih mba ?
    kadang ribet bgt nyari2 kacamata yg enak apa lg blakang telinga sakit hbis make kacamata pgn pke softlens ngeri aja apa lg saya tu ceroboh(maklum msh kecil)

    klo di lasik di samarinda mmgnya bagus ?
    kta mama saya dia takut anaknya jadi buta habis operasi mkanya saya juga susah bujuk orang tua.
    menurut om sma mba gmana?

    • Yudi · June 23, 2012

      hai Cindy….pastinya repot kl kita msh pk kacamata…. mesti membersihkan lensa nya terus biar enak untuk melihat.
      kl mo di lasik minimal umur 18 thn.
      wkt di lasik tgl 10 des 2011 ada jg yg ga berani,alasannya dokternya bukan dr Jakarta…..mgkn dsrnya orgnya takut kali ya.
      yg pasti saat di lasik kita sadar
      awalnya sih takut jg,tp lama2 bisa tenang jg dan mesti yakin berhasil.
      skrg saya merasa lbh nyaman sdh bebas dr kacamata

  5. dian indah savitri · June 21, 2012

    Eh kalo ga salah, seinget saya, minimum usia itu 18 tahun, tapi coba konfirmasi ke dokter mata lagi.
    Minus matanya masih tergolong kecil, pake softlense juga aman kok, bahkan menurut aku sebelum lasik lebih enak kalo udah terbiasa pake softlense, karena mata kita akan di”ubek2″, coba aja konsultasi dl dengan dokter matamu, coba jg untuk menunggu usia cukup km biasakan pake softlense dulu. 🙂 semoga lancar ya..

  6. Kiki · November 8, 2013

    Ka dian, insya Allah besok rabu saya lasik di iCare dgn dr. Sophia. Beliau jg bilang kalo mata saya tidak bisa benar2 nol normal minusnya. Karena saya skrg silinder 4,25. Nanti akan menjadi 1,75 kata dr.sophia itu sudah maximal. Kornea mata saya tipis, jd tidak bs lasik lebih dalam, alhasil masih tersisa silindernya.

    • dian indah savitri · June 11, 2015

      sêmola lancar ya.. mohon maaf sekali saya baru membuka blog kembali..
      gmn sekarang sudah maksimal lasiknya?

  7. fitri · January 20, 2014

    hei salam kenal mba dian,
    sy jg ingin lasik di icare, dok blng mata kanan saya menyisakan minus 3,
    klo blh tau dlu mb dian minus brp yaa,,
    jadi dilema saya,, mohon shariing nya mba
    email : nugraheni_pitznugra@yahoo.co.id

  8. Dicky Wahyu Chandra · February 8, 2014

    Tanya donk saya tinggal di samarinda umur 17 tahun, dari yg saya baca di atas kan minimal 18 tahun nah beruhubungan saya mau daftar jadi polisi bisa gk kalo di lasik dengan umur 17 thn? soalnya pendaftarannya bulan mei.

    • dian indah savitri · June 11, 2015

      hallo mas dicky, benar syaratnya 18 tahun, apa mas dicky skrg sudah ditindak lasik? semoga lancar ya..

      mohon maaf saya baru bisa membalas comment ini..

  9. mala · March 12, 2014

    mba dian di Icare dengan dokter siapa?

  10. ulfa fauziah · April 9, 2014

    mba dian saya mau meminta saram lebih naik ke jec atau i care lasik ? saya ingin sekali dilasik sebelumnya beberapa hari yg lalu saya ke rumah sakit harapan bunda jakarta timur eye center. dan dinyatakan saya tidak bisa dilasik krn kornea saya terlalu tipis. tapi setau saya di jtec mereka hanya mempunyai jenis lasik yg biasa atau standar makanya mereka tidak berani melasik saya krn mereka jg bilang takut ada dampak bebarapa tahun mendatang. yang saya tau dari baca2 beberapa referensi jika kornea tipis tetap bisa dilasik dengan tidakan epilasik atau no touch lasik.
    mohon jawaban dan sarannya mba dian tolong di bls.

    • dian indah savitri · June 11, 2015

      benar, katanya spt itu tindakan lasiknya khusus epilasik.

      mba ulfa, mohon maaf ya saya baru membalas comment mba ulfa..

      saya secara pribadi lebih merekomendasikan JEC, atau mungkin coba cari referensi lagi ke KMN.

  11. Widhi Yani · June 28, 2014

    Yg pernah lasik di smd coment donkk ? Apa ada komplikasi atw kegagalan stlh d lakukan lasik. Trus apa yg dirasakan slth prosedur lasik ?

    • Anonymous · March 8, 2015

      Mb gmn apa udh lasik disamarinda?saya juga mau bisa minta.no telp mb?

    • dian indah savitri · June 11, 2015

      SMD itu apa? sumedang ya, Mba? hehe..

      Kegagalan kebutaan itu tidak pernah ada, yang ada ketidak presisian hasil lasik, dimana terkadang masih menyisakan minus atau bahkan kelebihan minus sehingga jadi plus.

      pengalaman saya, minus saya masih bersisa 0,5-0,75.

      tingkat sensitifitas tiap orang berbeda-beda. alhamdulilah saya tidak merasakan iritasi apa-apa, dan baik2 saja. namun ada cerita bahwa beberapa kasus matanya iritasi misal gatal atau merah, itu bisa ditangani oleh dokter, karena selama seminggu, sebulan, 3 bulan wajib kontrol kembali.

  12. pertiwi · September 2, 2015

    aslkm..mb mw tnya,gmn kondisi mb skrg,keluhan pasca lasik msh ada atau tdk? wktu d jec,mb op lasik dg dokter siapa mb,dg metode apa dan biaya brp y mb..mksh y mb,,maaf bnyk nnya soalnya saya minat untk lasik

    • dian indah savitri · October 2, 2015

      palingan minusnya ga sepenuhnya ilang, kyknya masih sisa 0,5.
      keluhan lainnya ga ada.
      dulu biayanya 20juta. metode lasik biasa.
      dengan prof siapa ya saya lupa, beliau sudah meninggal.

  13. toto · May 30

    Mba dian,mo tnya wktu mo lasik di jec lasik,sblm lasik lepas softlense brp hr..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s