Mata minus

Sebetulnya sama sekali tidak menyangka, dalam kurun waktu 2 tahun saya menjalani 2x operasi, pertama operasi tulang tangan, karena patah. dan kedua yaitu operasi mata lasik.

Cita-cita untuk menjalani lasik ini udah lumayan lama, tapi baru sekarang ini kesampaian, alhamdulilah ada kesempatan dan rezeki🙂. Utamanya terima kasih untuk suami saya yang sudah sangat men-support saya.

Riwayat minus saya mulai dari kelas 3 SD. waktu itu saya mulai merasa terganggu penglihatannya ketika bangku sekolah mulai di-rolling dari depan sampai belakang. Kemudian ketika di rumah saya selalu melihat TV dari jarak dekat < 1m.

Karena rasa aneh dan penasaran, akhirnya ibu saya membawa saya ke rumah sakit umum di tasik. 17 tahun yang lalu rumah sakit di sana belum mempunyai komputer pendeteksi minus/plus mata (padahal sekarang ini setiap optik di mall mempunyai alat itu), jadi pengujiannya langsung tes refractive dengan melihat angka/huruf dari jarak 3 meter dari mulai huruf besar sampai paling kecil.

Untuk lebih meyakinkan, akhirnya sang dokter merekomendasikan untuk melakukan pemerikasaan di klinik miliknya, karena peralatannya sudah lebih canggih. dari hasil pemeriksaan dilihat saya pada saat kelas 3 SD itu (umur 8 tahun) minus 4 dan silinder 2 untuk mata kiri dan minus 6 silinder 1 untuk mata kanan.

Kemudian berjalannya waktu,saya juga menyadari pemeriksaan rutin dan perawatan saya yang kurang, minus saya terus bertambah hingga 9 dan 10 untuk masing-masing mata. sampai pada kuliah tingkat 3 ketika umur saya 20-21 tahun, saya memutuskan untuk mencoba memakai softlens, yang berjalan sampai pada h-20 sebelum lasik.

Informasi: softlens yang bagus dan cocok untuk minus besar adalah soft soft vue II. per box isi 6 untuk pemakaian 6 bulan (1 lens per bulan) harganya 180.000/box.

Sampai pada saat saya dan suami memutuskan untuk menjalani lasik, saya mulai lepas softlens dan berkacamata botol setiap saat. Kemudian saya browsing-browsing mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat lasik. Pilihannya ada di icare lasik dan JEC (Jakarta Eye Center), saya masih membanding-bandingkan berdasarkan profile di masing-masing website.

Saya juga sempat tanya-tanya ke RS Mata Aini (yang ternyata tidak menangani masalah Lasik, dan mendapat rujukan ke Lasik-Center di Tendean Jakarta Selatan), RS Pondok Indah, dan Klinik Mata Nusantara.

Dari hasil riset, mengenai informasi dan harga tentunya, RS Pondok Indah termasuk murah tp saya tidak tahu apakah pemotongan korneanya sudah pake laser atau belum.

Antara JEC, KMN, dan iCare. iCare paling murah kemudian JEC dan terakhir KMN. Akhirnya tanpa sepengetahuan saya, saya didaftarkan untuk mencoba cek di iCare.

 

15 thoughts on “Mata minus

  1. Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,jantung,MATA MINUS,autis,epilepsi,asam urat ,kolesterol,stroke,kista,PENYUBUR KANDUNGAN,perlengketan rahim,keloid,TYROID,keputihan,asma,maag,kanker rahim,serviks,penyakit menular seksual,kanker otak,KANKER PAYUDARA,insomnia,diabetes,hiper/hipo tensi,,TBC,radang paru,dsb secara alami tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya yang menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 Kunjungi Page kami di http://www.facebook.com/pengobatantradisionalalami

  2. fitri says:

    hai mb dian kalau boleh tau, mba dian minus berapa yaa,,
    sy jg ingin lasik di icare bilang mata kanan saya masih mininggalkan minus 3,, percuma donk sdh kluar duit tpi tdk bs smpai 0
    apa di JEC lebih bagus dari pada icare.

    • hi mba fitri…mohon maaf sekali saya baru bisa membalas commentnya..
      menurut pengalaman, dokter di iCare terlalu berhati2, sehingga beliau mengatakan bahwa minus saya akan bersisa, saya minus 9, dan sisanya 5.

      tetapi di JEC, dokternya mungkin lebih pengalaman sehingga lebih “berani” melakukan pengirisan kornea-nya, sehingga bisa meminimalisasi sisa minus yg ada.

  3. mery says:

    Mba dian klo selain minus 1 msh bisa di obatin gak atau dr obt resp dokter smcm tetes mata msh di sembuhin gk tnpa di operasi lasik. Kira2 abis brp biaya operasi lasik. Tp bs gk pke bpjs hhhe

  4. widya says:

    mba dian mau tanya..anak saya waktu umur 5th diperiksa mata ternyata minus 4,5 kiri dan kanan..karena saya lama tidak konsul ke dokter, skerangan umurnya 7th 6 bulan minusnya bertambah jadi 6,5 dan 7…mau tanya sama mba..karena mba kan dari kecil juga sudah minus..bagaimana perawatan mata mba sehingga minusnya tidak bertambah banyak sampai dengan dewasa…karena saya takut anak saya akan bertambah terus minusnya tiap tahun..mohon sharingnya mba. sebelumnya terimakasih banyak mba dian.

    • hmm..mba terus terang saya termasuk yang malas perawatan (maaf bukan contoh yang baik).. dulu ibu saya juga begitu khawatir, dan saya suka ketakutan apabila harus ke dokter mata karena minusnya takut bertambah.
      mungkin dengan minum jus wortel dan tunggu usia 18 tahun untuk lasik.

  5. widya says:

    oh ya mba saya juga mau tanya…dokter mata nak saya menasihati agar anak saya tidak boleh lagi olahraga berat atau loncat2..karena akan membahayakan retina nya..kalau pengalaman mba dian sendiri apa mba juga menjaga aktivitas mba..teirma kasih mba

    • dulu ketika saya mau melahirkan sempet denger kabar issue kalo mengejan saat melahirkan normal bs merusak retina, tapi katanya itu mitos saja. mungkin mba widya coba cari second opinion apakah benar dan apakah sudah cek retina secara intens (maksudnya dokter berpendapat demikian berdasarkan hasil tes retina kepada anak mba widya apa bukan?)..
      mohon maaf apabila kurang begitu menjawab.

  6. Bagus banget infonya.
    Ada yg perlu saya tanyakan, Kalau sehari-hari pakai softlens untuk pemeriksaan awal memang harus lepas softlens beberapa hari sebelumnya ya? Kalau hanya lepas softlens ketika pemeriksaan bisa gak?
    Trims

Leave a Reply

