Tindakan lasik

Pada tanggal 10 Agustus 2011, hari rabu, akhirnya saya melakukan lasik, waktu itu bulan puasa, alhamdulilah suami saya bisa ikut menemani. Mandi pagi dan jangan memakai makeup apalagi di sekitaran mata.

Saya datang pukul 9.30. kemudian menuju ruang ganti untuk memakai kostum operasi (warna PINK). Deg2an seperti mau ujian akhir atau interview kerja, halah. Dokternya telat datang, karena melakukan operasi katarak dulu.

Setiba saya datang, ada 1 pasien yang sudah operasi dengan dokter lain. Ada 2 org pasien lain yang akan sama dioperasi oleh prof Istiantoro. Dokter datang, dan saya menjadi urutan pertama.

Tahap pertama dilakukan pemotongan kornea untuk pembuatan flap. mata dipasang penyangga dan alat pemotong mendekati mata sampai hitam tak terlihat apa-apa.

Setelah selesai, dilakukan penyinaran pada alat yang berbeda.

Total waktu tindakan sekitar 30 menit. Untuk pulang, kita diberi obat tetes mata cenfresh dan tobadrex.

Setelah keluar dari ruang operasi, mata masih buram, kemudian lama-lama kepala pusing dan cekot2 panas rasanya di mata. Karena sudah merasa tidak kuat, saya membatalkan puasa saya, dan langsung menyantap roti, dan obat ponstan. alhamdulilah setelah makan ponstan menjadi baikan, tidak nyut2an lagi dan penglihatan menjadi membaik.

oiya mata saya juga mengalami conjungtifitis atau memar dalam mata (merah tapi tidak sakit sama sekali), karena pas dilakukan tindakan mata saya gerak2. kata dokter akan sembuh selama 1-2 minggu dengen sendirinya, alhamdulilah sembuh juga dan hilang.

besoknya saya melakukan pemerikasaan lagi, dr menyatakan flap terpasang bagus, dan sudah boleh mandi sampai kepala. tp masih hati2 dan memilih untuk menunggu dulu utk terkena air.

seminggu kemudian saya check up kembali. kondisi flap sudah bagus. namun utk mnius saya rasa masih bersisa sekitar 0,5 sampai 0,75. tp dokter masih menyatakan habis, aneh juga. kadang saya merasa lebih terasa jelas apabila setelah diberi tetes mata cenfresh.

sekarang sudah hampir 2 bulan saya lasik, kondisi mata bagus, memang terkadang tulisan yg kecil sekali tidak terlihat, tapi utk kondisi mata alhamdulilah bagus tidak kering ataupun perih.

Sedikit teori tentang tehnik lasik:

Sebetulnya lasik pada dasarnya adalah “mengukir” kornea mata kita agar dibentuk seperti lensa yang mempunyai titik fokus tertentu agar bayangan bisa jatuh tepat di retina. Kornea yang tersisa adalah flap itu. sedangkan yang dilaser adalah kornea yang diukir utk membentuk lensa.

Lasik bisa dilakukan pada maksimal minus 14, apabila lebih dari itu ada 2 alternatif:

1. tanam lensa: menambah lensa buatan yang di pasang di antara lensa yang sebenernya dan kornea

2. mengganti lensa asli dengan lensa buatan (RLE), operasi ini mirip dengan katarak (mengganti lensa), tetapi ada kekurangan yaitu lensa mata yg buatan tidak mempunyai daya akomodasi (kembung kempis lensa). sehingga untuk penglihatan (jarak dekat)nya masih harus dibantu menggunakan kacamata plus.

4 thoughts on “Tindakan lasik

  1. tama0909 says:

    Mba mau tanya.. setelah dilasik masih pake kacamata lagi ga? bs bner2 habis minusnya setelah beberapa bulan? trs waktu kita tes mata yg liat angka2 & huruf yang kecil2 itu bs terlihat jelas ga?
    Terimakasih..

  2. masih bersisa waktu aku tes ke optik biasa😀, sekitar 0.5 dan 0.75😀, tapi kalo check up ke dokternya selalu dibilang itu habis..
    Tapi bagi saya, sisa minus < 1, dari awalnya yang minus 9, itu ga berasa😀. Alhamdulilah skrg sehari-hari sudah ga pake kacamata lg.

Leave a Reply

