Hamil di Singapura

Posting kali ini saya akan berbagi info, bagaimana checkup kehamilan di Singapura. Seperti pada postingan sebelumnya, saya melakukan check-up kehamilan di The Tow Yung Clinic dengan Dokter Tracey Lim.

Pada kedatangan pertama di usia kandungan 6 minggu dilakukan USG transvaginal (kalau tidak salah sampai pada usia kandungan ke 8/9). Kedatangan pertama ini bayar sekitar 280 sgd ($150 untuk biaya dokter, $100 untuk biaya USG, $30 untuk obat-obatan).

Selanjutnya, di pertemuan kedua saya langsung diberi penawaran package biaya dokter plus usg sampai pada saat melahirkan (ini DILUAR biaya cek darah, first trimester scan, fetal anomali scan, dan vitamin) dan BUKAN biaya dokter saat membantu proses melahirkan. Package itu sebesar $1000, sehingga di pertemuan kedua dan berikutnya saya hanya membayar biaya vitamin dan pengobatan di luar reguler.

Setiap kedatangan kita pasti diperiksa berat badan, tekanan darah, dan kandungan urine. Semuanya ditulis dalam record book kita.

Vitamin yang biasa diberikan:
1. Pada trimester pertama : hormon estrogen dan folic acid
2. Pada trimester kedua : multi vitamin, minyak ikan, dan calcium

Scan dan Tes yang dilakukan/dianjurkan:
1. Pada trimester pertama :
a.) down syndrome test
Test ini sifatnya optional/ga wajib, dilakukan 2 tahap : pertama usg dengan melihat tulang leher belakang dan kedua periksa melalui darah. Apabila ada indikasi kemungkinan akan dilakukan tes lanjutan dengan mengambil sample cairan amniotic / ketuban kita.
Di Indonesia tes ini jarang sekali dilakukan, karena apabila memang terdeteksi, di luar negeri hal ini lumrah apabila ingin men-terminate kehamilan, sedangkan di Indonesia masih ada larangan dan tidak sesuai dengan budaya kita.
Biaya scan ini kurang lebih $300 untuk kedua jenis tes(darah dan usg). Dan sayapun tidak mengambil tes ini.😀
b.) Antenatal test
Ini merupakan cek darah semasa kehamilan, sample darah kita akan dites di lab untuk diketahui kandungan antibodi rubella, hepatitis, kemudian untuk dicek apakah mengandung torch (tokso), pengecekan gula darah, protein, hemoglobin, dll. Harga tes ini sekitar $240.

2. Pada trimester kedua:
– Fetal Anomaly Scan
Tes ini bertujuan untuk memeriksa kelengkapan fisik janin. Bagian tubuh janin yang dilihat dari mulai morfologi secara fisik seperti jumlah jari kaki tangan kanan dan kiri, bibir tidak ada sumbing, kelamin. Selain itu dicek juga beberapa organ dalam dari mulai otak (apakah ada cairan berlebih atau tidak), tulang tengkorak, jantung diperiksa apakah biliknya 4 begitu pula aliran darah dan oksigennya, ginjal apakah sudah menghasilkan urine. Harga tes ini sekitar $150.

Pada usia kandungan aku yang ke 22 minggu, saya harus back for good ke Indonesia, karena suami saya mendapat tawaran kerja di Jakarta.
FYI, saya sudah bayar package ke doctor, karena perpindahan package yang sudah saya bayar bisa di-refund dan dihitung ala carte (satuan), lumayan sisa uang dikembalikan. Saya juga mendapat medical transfer report dari doctor Tracey sebagai record history kehamilan saya selama check up dengan beliau🙂.

Oiya, di masa morning sick session, saya sempat flu berat, badan demam disertai meler dan batuk. Sulit sekali mendapat asupan makanan. Waktu itu saya langsung menemui dokter dan dikasi injeksi/infus asupan sari makanan, cairan, dan beberapa vitamin. Biaya injeksi lumayan mahal juga yaitu sebesar $380😦. Tapi alhamdulilah 1-2 hari saya merasa baikan🙂.

21 thoughts on “Hamil di Singapura

  1. Liria says:

    mbak.. bisa recomendasi penginapan / hotel yg bagus dan murah dekat tow yung clinic? aku berencana kesana bln agustus ini , makasih

  2. Venny says:

    Hai mbak Dian,
    pertengahan Juni kmrn saya konsultasi ke dr Tracey Lim.
    Rencana saya juga akan melahirkan di Jakarta🙂
    Untuk konsultasi kedua dst dgn dr. Lim, boleh tau brp biayanya?
    Seharusnya di bawah $150 ya.
    Thank you!

    cheers,
    Venny

  3. hendry says:

    hello mba Dian, bole tau waktu awal kehamilan di spore bekerja atau tidak? akses keluar rumah nya gimana?
    sy butuh info pengalaman ini untuk partner sy🙂

    makasi dan semmoga kelahiran nya nanti lancar, amin

    • Hallo Hendry
      Waktu itu saya kerja tapi cuma parttime. Akses dari rumah ke tempat kerja, maksudnya? Ya mudah saja dan biasa saja, naik bis dan MRT😀. Cuma kadang ada yang kasi tempat duduk ada yang ngga😀 mungkin kandungannya waktu itu belum terlalu kelihatan😀. Enaknya di Sg itu banyak jalan, jadi sehat😉
      Semoga partner mu lancar juga dengan kehamilannya ya..😉

  4. salam mb dian
    sy amilia, baru ke spore juni ini..
    mb pernah kerja part time kan.. itu bagian apa? dan dulu gunakan visa apa??

    maaf ya mb,,, karena sy mulai bosan di rumah,, dan saya hanya pegang visit pass,,, jadi setiap 30 hari mengajukan perpanjangan ijin tinggal… saya lagi proses buat long term visa…

    salam kenal mb

  5. Nina says:

    Assalamu’alaykum mba.. baby nya uda gede donk ya skarang..🙂 saya mau nanya nih, kira2 biaya lahiran di tow yung clinic dgn dr.tracey lim brapa ya?

  6. lota says:

    Hai mbak Dian, salam kenal…
    Sorry boleh naya2 mbak ya
    Klo tuk periksa kondisi rahim apa bagus juga di the tow yung clinik atau ada RS lain selain itu mbak, mohon info ya, makasih

  7. lota says:

    Hai mbak Dian, salam kenal…
    Sorry boleh nanya2 mbak ya
    Klo tuk periksa kondisi rahim apa bagus juga di the tow yung clinik atau ada RS lain selain itu mbak, mohon info ya, makasih

    • periksa rahim apakah cukup dg USG mba? ada banyak rumah sakit ibu anak, yg terkenal ada Thomson, ada Kandang Kerbau Hospital, ada Gleneagles dll. Tow Young Clinic ini kecil bgt dan di dalam mall/ruko gt

Leave a Reply

