Pendaftaran dan Test Masuk MMUI

Pendaftaran

Setelah resign kerja dari Astra, saya memutuskan untuk kuliah, saat itu masih bingung apakah melanjutkan di bidang IT atau malah cross function ke MM (dengan peminatan keuangan atau pemasaran). Akhirnya setelah diskusi dengan suami, saya memilih MM Pemasaran.
Pendaftaran S2 UI hanya dibuka di halaman UI melalui jalur simak  Untuk kuliah September terdiri dari dua gelombang (April untuk gelombang pertama dan Juni untuk Gelombang kedua), sedangkan untuk perkuliahan Februari berada di bulan Oktober.
Pendaftaran mengikuti prosedur pada SIMAK, beberapa yang perlu disiapkan adalah copy scan ijazah dan transkrip S1 yang nantinya akan diverifikasi saat melakukan pendaftaran ulang. Biaya perdaftaran adalah Rp 750.000,00.
 Setelah semua administrasi pendaftaran selesai, begitu pula dengan proses pembayarannya, maka kartu peserta ujian sudah bisa dicetak.
Screen Shot 2015-08-24 at 19.29.30

Test

Hal-hal kecil yang baiknya dipersiapkan menjelang test adalah:
1. melakukan survey lokasi pada hari sebelumnya, jangan sampai tidak survey karena ujian di mulai sangat pagi PK 07.00.
2. lebih baik diantar dan drop atau menggunakan kendaraan umum karena cukup macet dan parkiran terbatas, takutnya menghabiskan waktu untuk mencari parkiran.
Sedangkan materi ujiannya yaitu:
1. TPA yang menggunakan sistem minus
2. English test mirror woeful ITP namun tidak ada listening section.

 

Terus terang dalam mempersiapkan tes masuk UI ini saya sempatkan dulu untuk latihan soal melalui buku-buku TPA yang dijual di toko buku. Serta latihan soal Toefl. Pastikan mengenali jenis dan tipe soal karena apabila sudah kenal atau pernah mengerjakan, tidak akan kaget dan sudah terbiasa.

 

Test tahap ke-dua yaitu wawancara, dan merupakan test lanjutan. Artinya apabila tidak lolos tes tulis, maka tidak akan lanjut ke tahap test wawancara. Saya agak sedikit kurang persiapan karena awalnya saya mengira akan dijadwalkan mendekati pengunguman hasil tes. Tetapi ternyata diumumkan sekitar 1-2 minggu setelah test tulis. Diinfokan melalui SMS. Hal-hal yang harus dipersiapkan:
1. essay mengenai motivasi kuliah di MM UI. (isinya saat itu hanya 2-3 lembar dan menulis apa saja yang mendorong kita untuk mengambil kuliah di MM UI).
2. surat rekomendasi, bisa dari atasan, maupun dosen sewaktu S1. Karena saya statusnya saat itu sudah tidak bekerja, tetapi alhamdulilah saya mempunyai atasan-atasan yang sangat baik saat masih kerja dulu, akhirnya bisa juga.
3. Ijazah dan transkrip
(note selebihnya bisa dilihat di SIMAK UI

 

Lulus dan Daftar Ulang

Pengunguman kelulusan dilihat di website SIMAK. Setelah itu kita diberi tenggat waktu untuk melakukan pembayaran. Biaya perkuliahan di UI bisa dilihat juga di link biaya ini.
Kegiatan saat daftar ulang ini pada intinya antara lain:
1. verifikasi dokumen ijazah dan bukti pembayaran
2. mengukur jaket almamater
3. mendapat kartu mahasiswa, username dan password untuk mengakses  Sistem Informasi Akademik.
Skein sharing pertama mengenai pendaftaran kuliah di MM UI. Mudah-mudahan bisa lancar, ilmunya bermanfaat dan lulus dengan cemerlang, amin.

4 thoughts on “Pendaftaran dan Test Masuk MMUI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s