Membedakan pemeriksaan hematologi DBD dan Typus pada anak 

Ketika anak mulai demam, pertolongan pertama yang dilakukan Ibu di rumah adalah membuat anak merasa nyaman, apabila masih tidak menolak makan berikan sup ayam hangat dan baju yang lembut menyerap keringat serta tidak menutup badannya dengan baju yang tebal. Berikan parasetamol untuk membantu meringankan suhu tubuh dan membuat anak nyaman.

 

Memantau suhu anak selama tiga hari dan apabila tidak kunjung turun (suhu normal 36 derajat celcius), saatnya Ibu untuk membawanya ke dokter. Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk segera cek kondisi darah (tes hematologi).

 

Pada posting kali ini, sering kali dokter maupun kita sebagai orang tau terkecoh dengan ambiguitas turunnya angka trombosit yang sering dicurigai sebagai demam berdarah. Sehingga butuh analisa khusus dari faktor komposisi hematologi lainnya seperti  hemoglobin, hematrokit, dan leukosit.

 

ciri khas yang terjadi pada DBD adalah grafik penurunan tromobosit yang disertai dengan meningkatnya kekentalan darah (hematrokit) dan hemoglobin dan penurunan komposisi leukosit. grafik yang bisa dipantau juga dari suhu tubuh pasien, dimana demam tinggi akan terjadi hingga hari ke-4 dan di hari ke-5-7 demam turun (selalu disertai trombosit turun) yang artinya ini adalah masa kritis dari DBD. Kemudian demam akan berangsur stabil (turun / normal) disertai dengan meningkatnya trombosit.

 

sedikit berbeda dengan typus, memang tidak semua disertai dengan menurunnya trombosit, namun grafik demam akan terus naik. Apabila trombosit turun, lihat komposisi hemoglobin (dan hematrokit) biasanya akan tetap dikondisi normal (tidak meningkat) dan komposisi leukosit juga normal. Untuk memastikan terjangkit bakteri typus (salmonella thypi), dilakukan tes serologi IgM Salmonella Thypi pada hari ke-5 demam. Oleh karena itu pemantauan terhadap cek darah sangat diperlukan untuk mendapatkan diagnosa yang tepat.

 

Contoh hasil cek darah typus.
Screen Shot 2016-02-11 at 16.27.11

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s