Leading Self – Leadership Pipeline Part 1

Salah satu hal terpenting dalam eksekusi sebuah strategi dimulai dari diri sendiri. Hal tersebut sangat masuk akal bahwa sebelum seseorang memimpin suatu kelompok, seorang pemimpin harus dibekali dengan kematangan dalam memimpin dirinya sendiri.

Pada posting kali ini, saya (dalam hal ini kelompok kami), telah mewawancarai seorang leader di suatu konsultan accounting, Pak Subi. Beliau memberikan beberapa pandangan tentang bagaimana seseorang dapat berhasil memimpin diri sendiri.

Poin pertama yang kami dapatkan adalah berusaha menikmati pekerjaan. Pak Subi bercerita tentang pengalaman beliau saat awal menjalankan karir. Beliau diberikan pekerjaan yang menuntut kemampuan sehari-hari seperti: fax, print, fotokopi dan lain-lain. Pada awalnya beliau menyadari bahwa pekerjaan yang diberikan sangatlah dasar, namun beliau tetap tekun menuntaskan pekerjaan-pekerjaan yang diberikan. Seiring berjalan waktu, tanggung jawab yang dimiliki oleh Pak Subi semakin besar dan pada suatu momen, beliau dapat melihat benang merah bahwa pekerjaan-pekerjaan dasar yang dilakukan pada saat beliau memulai karir adalah hal-hal yang paling berguna untuk menunjang pekerjaan-pekerjaan yang memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Kami belajar dari beliau bahwa sesuatu pekerjaan sekecil apapun adalah titik-titik yang akan terhubung ke pekerjaan yang lebih besar.

Poin kedua yang kami pelajari adalah selalu melihat sisi positif dari pekerjaan apapun. Beliau berkata bahwa “Everyone is a first timer.” Terkait dengan poin pertama, Pak Subi sangatlah menghargai orang yang mau untuk belajar. Melalui pekerjaan kecil yang dilakukan di awal karir, beliau mengajarkan untuk tetap rendah hati pada posisi apapun karena orang yang memiliki posisi tinggi tentu pernah berada pada posisi bawah. Sekecil apapun pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang, hal tersebut dapat menjadi komponen penting bagi perusahaan.

Melalui perbincangan bersama Pak Subi, kami belajar bahwa dalam memimpin diri sendiri, sangatlah diperlukan sikap untuk menghargai pekerjaan. Bagi beliau, hal terpenting yang dapat dilakukan diri sendiri untuk karir adalah mau belajar, menghargai pekerjaan, dan mengetahui apa yang sedang dikerjakan. Sikap pada diri sendiri terhadap pekerjaan merupakan dasar yang penting untuk dapat memimpin orang lain.

credit thanks to Giovani, Ika, Imam, Fajar, Erico.

2 thoughts on “Leading Self – Leadership Pipeline Part 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s