Execution: How to overcome problems

Konsep kepemimpinan, baik itu memimpin diri sendiri dan orang lain, harus selalu diwujudkan dalam bentuk eksekusi nyata. Seorang business leader biasanya merancang plan untuk menghasilkan suatu result. Result akan dicapai dengan adanya disiplin dalam execution. Suatu nilai-nilai perusahaan (core value) tidak akan terlihat wujudnya tanpa  adanya execution.

Execution merupakan major job bagi seorang business leader. Dalam memecahkan suatu problem atau permasalahan diperlukan execution yang persistence. Berikut merupakan tiga langkah eksekusi dalam apabila menghadapai suatu masalah.

Concept.

sumber : toddneilsen.com

  • gather all facts

Langkah pertama adalah mengumpulkan semua fakta dan informasi yang jelas dan benar, tidak semua fakta atau informasi terkait, oleh karena itu pastikan bahwa fakta dan informasi tersebut benar. Informasi atau fakta yang benar akan menjawab sebagian besar pertanyaan-pertanyaan yang timbul dari adanya permasalahan. Stage ini merupakan tahap awal sebagai diagnosis sebelum aksi penyelesaian dilakukan. Apabila terjadi kendala atau fakta dan informasi yang dikumpulkan tidak tepat, maka besar kemungkinan langkah selanjutnya tidak akan tepat sasaran.

  • find implications

Langkah kedua yaitu mencari implikasi. Permasalahan timbul tentu ada sebab, mencari hal-hal yang menjadi penyebab utama (root cause) dan selesaikan pada titik root cause tersebut. Tidak lupa juga apakah suatu titik mempunyai implikasi pada titik lain atau kepada pihak lain baik internal maupun eksternal (client, vendor, dll).

  • choose options

Langkah terakhir yaitu memilih opsi penyelesaian. Seorang leader tidak hanya fokus pada penyebab utama (root cause) tetapi harus mencari, memilih, dan memutuskan cara penyelesaiannya. Keputusan terkadang harus diambil secara cepat, disosialisasikan kepada tim secara efektif. Apabila problem terkait technical, sebaiknya merujuk pada acuan standar, sedangkan apabila problem terkait dengan pengendalian dan people merujuk pada best practice yang berlaku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s