Brand Association dari BCA

BCA merupakan Bank swasta nasional didirikan pada tahun 1957, saat kepemilikan BCA dipegang oleh Salim Group, namun saat ini sebagian besar dimiliki oleh Djarum Group. Saat ini BCA memiliki total asset 626 Triliun (urutan ke-3) rupiah dengan laba bersih 9,6 triliun (urutan ke-2) pada tahun 2015.

BCA telah memiliki brand yang kuat dan mempunyai valuasi brand tertinggi di Indonesia menurut The BrandZ. Ajang ini merupakan acara tahunan yang dilakukan oleh Millward Brown dan WPP dalam mempelajari opini konsumen terhadap sebuah brand. Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan, terlihat bahwa BCA memiliki reputasi kuat dalam hal diferensiasi dan inovasi di sektor perbankan.

tabel-BCA

Setiap tahunnya BCA mempunyai misi dengan tema tersendiri, seperti pada tahun :

Tahun Tema
2011 Membina hubungan, mendukung pertumbuhan
2012 Senantiasa di sisi anda
2013 Tegar di tengah ketidakpastian global
2014 Memberikan nilai tambah di tengah masa transisi
2015 Mempertahankan solidaritas
   

BCA mampu meminimalisasi dampak dari tantangan sektor keuangan dengan berusaha menjadi mitra konsumen dalam kehidupan sehari-hari. BCA bergabung dengan para retailer ternama untuk menawarkan potongan harga bagi pelanggan, juga meluncurkan beberapa inovasi seperti perbankan tanpa cabang (branchless banking) dan Sakuku, aplikasi smartphone yang berfungsi sebagai dompet elektronik (e-wallet).

Brand Identity dan brand association BCA

BCA dimata nasabahnya merupakan bank transaksi dengan jaringan ATM yang luas. Sebagian masyarakat juga mengenal BCA dengan bank teknologi, Bank dengan sumber inovasi teknologi. Walaupun secara strategi pricing BCA dinilai cukup tinggi, untuk deposito dan tabungan bunga BCA cenderung lebih rendah daripada Bank lain, namun BCA memiliki customer / nasabah yang loyal, karena nasabah merasa nyaman dana man bertransaksi di BCA.

Berikut adalah beberapa responden mengenai brand association BCA:

  1. BCA merupakan bank besar dengan ATM yang tersebar dimana-mana terutama di pusat perbelanjaan. Oleh karena itu, hampir setiap orang (yang bankable) mempunyai account BCA dan memanfaatkan luasnya jaringan ATM BCA dan mudah ditemui dimana-mana. Bahkan kekuatan ATM BCA itu mengalahkan cabangnya sendiri.
    1. BCA mengembangkan customer care online haloBCA dengan baik dan mendapatkan penghargaan best customer care.
  2. BCA merupakan bank transaksi yang digunakan oleh para pedagang dan pengusaha medium dan kecil.
    1. dengan adanya internet banking dan mobile banking, hal ini memudahkan transaksi antara peer-to-peer per nasabah.
    2. penyebaran EDC BCA yang luas hampir di setiap merchant pembelajaan fisik mempunyai EDC BCA sebagai fasilitas penerimaan pembayaran dari customer.
    3. BCA menggelar brand activation “Gebyar BCA” yang dimana kebanyakan hadiahnya adalah yang disukai oleh para pedangan, misal mobil Kijang Inova dibanding dengan mobil mewah Mercedes.
  3. BCA merupakan bank teknologi yang selalu mengeluarkan produk inovasi dibanding pesaingnya. Inovasi produk yang dirilis BCA terutama untuk target market kalangan muda (gen Y) dalam mendukung gaya hidupnya, seperti transaksi di e-commerce dan transaksi online lainnya. Beberapa inovasi produk yang dirilis BCA antara lain:
    1. Flazz BCA à bentuk e-money yang disimpan dalam suatu kartu. Secara fungsional, Flazz lebih banyak digunakan untuk pembayaran transportasi seperti kereta KRL dan transjakarta.
    2. Sakuku à sama seperti Flazz yang merupakan e-money namun transaksinya melalui QRcode yang bisa discan melalui smartphone. Secara fungsional, Sakuku banyak digunakan untuk transaksi di merchant dan online.
    3. Klikpay BCA à merupakan jembatan channel pembayaran antara merchant online dengan account BCA. Sumber pendanaanya bisa dari kartu kredit maupun saldo debit. Total transaksi e-commerce pada tahun 2015 melalui BCA sebesar 4,5 Triliun rupiah.
    4. BCA menggelar brand activation “Xfest BCA” yang menyasar anak muda sekaligus merilis video banking, yakni pembuatan rekening tanpa hadirnya staf CS secara fisik. Acara ini mengusung kompetisi kreatifitas yang diadakan di kampus-kampus di Indonesia.
    5. Untuk mendukung belanja online, BCA menggelar event “BCA e-shopping carnival” yang diikuti oleg 420 merchant BCA yang berjualan secara online baik melalui e-commerce maupun social media.
    6. BCA bekerja sama dengan SQ dan Garuda menggelar acara BCA travel fair yang menyajikan harga tiket special khusus untuk pemegang kartu kredit BCA.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s