Faiz 100% bebas popok

Ketika anak bungsu beranjak besar, dan belajar untuk melepas popok terutama di waktu malam, yeaay rasanya senang sekali. Bisa berhemat lumayan dari uang popok. Walaupun prosesnya secara bertahap. Pertama-tama dilatih siang hari di rumah tidak memakai popok. Ini ujian paling berat, karena harus cape ganti celana dan ngepel lantai. Semangaat, jangan menyerah. Sedangkan bepergian dan tidur malam masih memakai popok.

 

Di tahap awal itu, terus selalu memberi motivasi “Faiz sudah besar, anak besar pipisnya di toiiiiilet”. Sampai sekarang Faiz menyebut “TOILET” masih “TOLIET”. Cape deh Faiz.

 
 

Tahap ini juga, ketika pergi ke sekolah (Play Group), sudah tidak memakai popok lagi. Faiz lumayan sering pipis di sekolah, mungkin bisa sampai 3x. Tapi saya yakin, miss-nya sabar (maafin ya miss) dan memberi motivasi yang membangun juga untuk Faiz belajar.

 
 

Kemudian, tahap kedua, kala bepergian mulai tidak memakai popok. Sebagai latihan ketika diajak ke mall terdekat di kota Depok tercinta. Namun, setiap kali sampai di mall, langsung kita ajak ke toilet. Sebelum melakukan aktifitas apapun. Hal ini sekaligus mengenalkan toilet selain di rumah. Tantangannya, harus rela mengantar ke toilet kala siap menyantap makanan, atau kala asik belanja. ya nasib. Kalo telat sedikit, bisa-bisa pipis di celana. T_T.

 
 

Dan tahap terakhir yakni melepas popok saat tidur. Ini juga tantangan berat. Dalam satu minggu bisa 3-4 kali ganti seprei. Yang menderita si mbak yang beres-beres di rumah (maaf ya Mbak, jadi banyak cucian seprei-nya). Di sini juga anak diberi motivasi “Faiz sudah besar, tidak ngompol lagi ya, kalo mau pipis sekarang sebelum tidur”. Bapaknya sempet galak sih dengan memberi ancaman (oh No!! Jangan ditiru ya) “Faiz, kalo masih ngompol terus tidur di luar sama bekicot”. Sampai anaknya nangis ketakutan. Tapi ampuh juga. Pernah tidak sengaja masih mengompol, namun intervalnya sudah sangat jarang. Faiz bangun ketakutan, takut harus tidur sama bekicot. Bapaknya tetap konsisten. “Lihat di luar, ada bekicot kalo Faiz masih terus ngompol”.

 
 

Alhamdulilah tidak lebih dari 2 bulan Faiz sudah bebas dari popok. Sekarang usia Faiz 4 tahun 2 bulan.  Sudah bisa pipis sendiri ke kamar mandi. Dari mulai menyalakan lampu kamar mandi, membuka celana, pipis, flush, cebok, dan memakai celana kembali.

 

 

 

 

IMG_3925

 

Published by

dian indah savitri

dian indah savitri divitri@gmail.com dianindahsavitri@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s