Semua anak adalah bintang

Alhamdulilah masuk bulan ke-7 kuliah IP Bunda Sayang. Tema tantangan pada bulan ini adalah terkait “Semua anak adalah bintang”. Dari tema tersebut, para bunda diminta untuk mengidentifikasi, menganalisis apa yang menjadi minat bakat anak-anak.

Saya sangat suka sekali dari tema ini, karena pada pembahasannya ditekankan bahwa semua anak adalah bintang. Tidak ada produk gagal yang telah Allah ciptakan. Semua anak akan menemukan bidangnya apabila didukung dan diasah dengan benar. Tugas orang tualah yang harus pintar mengamati dan menemukan “harta karun” itu.

Saya pribadi, masih harus banyak belajar dan terus terang masih terus mencari apa yang menjadi passion, minat, dan bakat anak. Satu hal lagi yang mengena hati saya (jleb banget) adalah jangan meratakan lembah. Dan ini terjadi pada saya sendiri. Saya secara karir seperti itu, mungkin mengetahui banyak hal,banyak bidang tapi hanya level kulitnya saja. Tidak ada yang mastery. Pengalaman saya ini jadi pelajaran yang sangat berharga untuk anak-anak.

Biarlah anak mungkin kurang dalam satu bidang, tapi kita harus cari dan temukan bidang lain yang menjadi minat-nya dan dukung hingga menjadi master. Terkadang kebanyakan orang tua menginginkan anaknya berprestasi secara akademik. Sayapun sempat demikian, mendorong anak untuk les matematika, bahasa inggris, membelikan buku science. Akan tetapi, sang guru di sekolah bisa menemukan minat Afni ketika di sekolah, yakni ART.

Afni sempat dinobatkan sebagai siswa paling kreatif di kelasnya. Banyak mengalir ide-idenya pada saat menggambar dan membuat kerajinan tangan. Saya amati lagi, ternyata benar, apabila diberi satu lembar kertas kosong maupun origami, Afni mudah sekali bisa mengubah menjadi “sesuatu”. Terkadang dibuat seolah-olah monster dengan menggunting sebagian untuk bagian mulut dan gigi yang bergerigi serta menambahkan gambar mata dengan sedikit sepidol ataupun bisa dibentuk menjadi mata.

Kemudian saat Afni merakit lego, dia bisa berkreasi di luar panduan buku manualnya. Padahal ketika saya ingat-ingat bersama suami, mengingat masa kecil dan masa pendidikan kami dulu tidak ada bakat sama sekali di seni maupun keterampilan. Yang saya ingat, ketika pelajaran keranjinan tangan dikerjakan oleh Ibu, haha sering kali saya disindir “nilai-nya buat Mama aja, ini keranjinan Mama” hahaha.

 

 

Published by

dian indah savitri

dian indah savitri divitri@gmail.com dianindahsavitri@yahoo.com

One thought on “Semua anak adalah bintang”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s