We are debt free in 8 years of marriage

Kalau di US sepertinya ada kampanye, #freedebtcommunity atau komunitas yang terlepas dari hutang (terutama hutang konsumtif). Sepengetahuan saya kerja di bank dulu, hutang terbagi dalam dua jenis, yakni: hutang produktif (hutang usaha atau modal) dan hutang konsumtif (seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit).

Tidak sedikit, milinial muda baik single ataupun menikah terjebak hutang konsumtif. Yang didorong oleh gaya hidup. Terlebih lagi saat ini ada sosial media yang lebih banyak menyajikan kemewahan dan gaya hidup.

Kemudian, bagaimana kiat-kiatnya bisa bebas hutang:

  1. Melunasi sedikit demi sedikit KPR setiap kali mendapat bonus tahunan
  2. Untuk kredit mobil (KKB / Kredit Kendaraan Bermotor) karena waktunya singkat    3 -5 tahun ikuti schedule pembayaran yang sudah ada
  3. Mencatat setiap detail pengeluaran, gunakan aplikasi keuangan yang banyak tersedia di Appstore dan Google Store. Saya sendiri memakai YNAB (you need a budget), nanti akan dibahas di blogpost yang terpisah.
  4. Gunakan porsi 10 dana kebaikan – 20 dana investasi atau tabungan – 30 dana cicilan – 40 biaya hidup. Dan keluarkan berdasarkan urutannya. dana kebaikan (zakat. sumbangan, sedekah), kemudian investasi dan menabung, membayar cicilan, terakhir adalah biaya hidup.
  5. Minimalisir akses sosial media yang menyajikan kemewahan gaya hidup. Ini akan menjadi obat tersendiri, karena tidak merasa iri atau ingin mengejar gaya hidup yang tidak kita mampu.

 

dian

Semoga posting ini bermanfaat bagi yang membaca.

 

Published by

dian indah savitri

dian indah savitri divitri@gmail.com dianindahsavitri@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s