Mainan sesuai gender

Ketika kita melihat ke mall atau pusat perbelanjaan, sering kali dari semenjak bayi, peralatan dan mainan bayi (anak) sudah dibedakan berdasarkan gender. Setidaknya sudah dibedakan dari segi warnanya. Pink yang identik perempuan dan biru identik dengan laki-laki.

Dikutip dari blog.ruangguru.com bahwa warna maupun jenis mainan bukanlah masalah untuk mainan anak-anak. Yang terpenting adalah anak-anak hanya ingin bermain. namun orang tua yang meng-kotak-kotakan. Sedangkan imanjinasi anak sangatlah luas.

Fungsi dari mainan itu sendiri merupakan katalisator imajinasi anak dalam kehidupan sehari-hari. Yang terpenting orang tua memahami kebutuhan anaknya. apakah anaknya membutuhkan fasilitas bermain berlarian, bermain role play, bermain menyusun balok, bermain dengan suara, bermain tentang binatang, bermain dengan sesuatu yang bergerak.

Ini yang terjadi kemarin dengan Afni dan Faiz. Terkadang Afni memainkan mainan Faiz, dan sebaliknya. sejauh itu aman dan diperhatikan oleh orang tua maka saya biarkan mereka mengeksplorasi imajinasi dan kreatifitasnya. Faiz memegang boneka Rapunzel punya Afni, begitu juga Afni memainkan mobil Hotwheel punya Faiz. Tetap berkreasi Afni dan Faiz.

Salam Semangat

IMG_2720 3
Faiz bermain boneka Rapunzel, Afni bermain mobil Hotwheel

 

Published by

dian indah savitri

dian indah savitri divitri@gmail.com dianindahsavitri@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s