Percobaan listrik statis

Kalau bepergian ke mall dan makan di suatu resto di mall, terkadang ada yang memberi merchandise balon. Yang sebenernya ini trik marketing, supaya nama resto tersebut kita bawa-bawa dan orang melihat. hihihi.

Jadi, kembali ke balon. Sembari menunggu makanan datang, Afni dan momi iseng-iseng melakukan eksperimen listrik statis dengan cara menggosok-gosokan balon ke baju kemudian balon tersebut didekatkan ke rambut, maka rambutnya akan tertarik ke arah balon (bahkan sampai menempel di balon).

Mengapa disebut listrik statis? karena kumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang tetap (statis). Listrik statis berhubungan dengan gejala kelistrikan yang diam alias tidak mengalir.

Dapat dikatakan juga listrik statis timbul karena adanya fenomena dimana benda-benda yang memiliki aliran listrik saling berpautan tanpa adanya sumber daya listrik atau dengan kata lain benda tersebut dapat menghasilkan proton maupun elektron tanpa menggunakan elemen pembangkit energi listrik. (sumber: http://www.pengertianku.net/2015/10/pengertian-listrik-statis-dan-contohnya.html)

Mengapa balon bisa menarik rambut? Karena rambut yang asalnya bermuatan netral akan terinduksi akibat tertarik muatan negatif yang terdapat pada balon.

Sebetulnya ada banyak percobaan mengenai listrik statis ini, seperti yang dikutip dari https://www.yuksinau.id/listrik-statis/:

      1. Saat menyisir rambut, tterkadang rambut akan terbawa berdiri sendiri beriringan dengan gerakan sisir. Hal tersebut terjadi karena ada interaksi muatan antar sisir dengan rambut.
      2. Penggaris atau sisir yang digosok-gosok ke rambut atau tangan kering akan menarik potongan kertas kecil.
      3. Debu yang tertempel pada layar tv
      4. Ketika Anda mendekatkan tangan ke layar TV yang baru saja dimatikan. Perhatikan bulu atau rambut yang ada di tangan Anda akan berdiri.

Published by

dian indah savitri

dian indah savitri divitri@gmail.com dianindahsavitri@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s