RTI Business

Alhamdulilah semenjak bulan Maret 2019, ada banyak perubahan pada kebiasaan kami. Seperti yang telah saya share di sini, ada milestone dalam kehidupan kami, untuk memulai investasi saham.

Mengapa saham?

  1. karena yang paling mudah untuk diakses, walaupun analisisnya masih perlu banyak belajar mengenai analisis fundamentalnya.
  2. mudah untuk diakses, melalui aplikasi mobile maupun web
  3. dapat dimulai dengan nominal 100ribu saja

Kapan bisa memulai investasi saham? sudah saya sharing juga di sini. Bagi kami, setelah tidak punya hutang konsumtif lagi, tetapi kembali pada kebijakan keluarga masing-masing.

Salah satu aplikasi yang sangat membantu dalam kami memilih dan menganalisis emiten yang kami incar salah satunya dengan RTI Business. Tampilan dan aksesnya cukup ringan dan smooth. Mudah untuk dilihat dan dibaca. bisa diakses melalui mobile application, sehingga bisa dibuka dan dibaca kapan saja dimana saja.

Berikut adalah sebagian dari tampilan satu emiten pada layar RTI,

 

Small Stars EF mobile apps

Sudah 3 bulan Faiz mengikuti EF, mungkin secara rupiah bagi beberapa orang berkomentar mahal. Tetapi, EF adalah salah satu kegiatan di luar sekolah yang Faiz sukai dan minati. Kalau melihat Faiz di kelas, wajahnya bisa berbinar-binar dan sangat antusias.

EF ini mengeluarkan beberapa program pelatihan bahasa Inggris dari mulai anak-anak sampai dewasa. Bentuknya seperti produk bundle, karena bukan hanya pembelajaran di kelas. Tetapi anak dan ibu bisa mengakses aplikasi pembelajaran dan report progress belajar melalui aplikasi.

Menurut saya, bagi Faiz ini media pembelajaran yang menyenangkan. Alhamdulilah Faiz sangat menyukainya. Saya juga bisa melihat dan mengukur kemampuan Faiz dalam belajar bahasa Inggris, tidak hanya speaking yang dipraktikan setiap hari. Tetapi listening, reading, dan writing-nya juga.

 

5 bulan bersama YNAB

Hampir setengah tahun saya menggunakan YNAB. Apakah berhasil?

 

Image result for ynab

Sebetulnya, metode budgeting itu kembali pada masing-masing kondisi keluarga. Dan ini sangat sangat sensitif. Pada mulanya saya masukan semua rekening, yang terdiri dari rekening tabungan, investasi, rekening suami (sumber pendapatan), dan rekening saya beberapa akun.

Ternyata lumayan takes time, karena harus dicatat satu per satu perpindahannya. Dan di tengah perjalanan, kami mencoba me-restrukturisasi beberapa simpanan di reksadana yang kami pindahkan ke deposito.

Akhirnya, saya tetap menggunakan google spreadsheet  untuk budgeting di awal. Biasanya secara pos-pos saya jabarkan dulu, kemudian transfer dulu sesuai prioritas. misalnya tagihan, sedekah, dan tabungan. Sisanya keperluan suami. Dan semua printilan operasional keluarga ditransfer gelondongan ke rekening saya.

Setelah masuk rekening saya, baru saya masukan ke YNAB. Dipakai setiap kali mengeluarkan. Saya masukan juga rekening wallet seperti OVO dan Gopay. setiap mengisi OVO/Gopay ditulis. begitu juga saat berbelanja menggunakan Ovo/Gopay akan dicatat.

Total selama ini ada sekitar 70an post kategori. banyak juga. kebayangkan kalo ditulis manual, atau tidak dicatat sama sekali, wasalam bisa lupa. Berhasil kah menggunakan YNAB? Alhamdulilah selama ini on track. Ada satu dua bulan agak berantakan karena ada momen lebaran dimana pengeluaran keuangan tidak karuan. target untuk menabung umroh kepake untuk mudik, heuheu. Yang penting bisa diambil pelajarannya, atau mulai lagi dari fresh start budget, why not? made mistake is OK.

 

 

 

My iWatch My Friend

Sebelumnya saya agak skeptik nih sama Apple kok bisa-bisanya bikin jam tangan pintar. Buat apa? padahalkan kalo fungsinya untuk melihat waktu bisa dari HP juga, bisa beli jam tangan karet di ITC juga.

Setelah tidak sengaja membaca status teman, beliau ternyata merasakan bisa meningkatkan produktifitas-nya. terutama mengurangi intensitas melihat /mengecek handphone.

Tapi ternyata dengan berbagai aplikasi pendukung bisa mengingatkan kita untuk berdiri apabila sudah duduk satu jam, mengingatkan kita untuk mengambil deep breath apabila heart ratenya sedang tidak teratur. Hal basic lainnya, seperti menghitung kalori yang dikeluarkan per hari, jumlah berapa step dan meter jalan kaki setiap harinya. atau jumlah lap saat renang.

Tambahan lain, menjadi alat reminder seperti sholat, kalendar. Dan alat akses kamera HP secara remote. Selain itu juga, iWatch ini bisa menampilkan preview message dari sms dan whatsapp.

Image result for apple watch series 3

 

 

Tentara itu apa sih?

Kemarin kami jalan-jalan ke Bogor dan tidak sengaja melewati bandar udara Atang Sanjaya di Bogor. Bandar udara tersebut memang dibangun dan dipakai oleh angkatan udara TNI.

Selain ada bandar udara, di komplek tersebut terdapat beberapa barak dan asrama TNI AU.

Kemudian, tiba-tiba Afni bertanya, “emang Indonesia punya tentara (soldier)? Kan kita sedang tidak perang? Terus mereka kerjanya apa?”.

 

Image result for lambang TNI
sumber gambar: suara.merauke.go.id

Hahaha. Setau saya tentara akan tetap latihan, bekerjanya ya latihan. Baik latihan atau sekolah di kelas maupun latihan militer di lapangan. Bisa juga ditempatkan di daerah-daerah terutama daerah perbatasan dengan negara lain. Agar damai dan menjaga keutuhan NKRI.

Kebetulan, Bapaknya Afni dari SMA Taruna Nusantara Magelang, dimana sekolah tersebut cukup semi militer. Banyak teman-temannya yang masuk dan berkarir sebagai militer.

Bapaknya Afni bercerita, militer itu ada tiga: Army (TNI Angkatan Darat), Marines atau Navy (TNI Angkatan Laut), dan Air Force (TNI Angkatan Udara). Mereka bertugas menjaga keutuhan NKRI di darat, di laut, dan di udara.

Terutama di laut, mereka menjaga lautan kita dari kapal-kapal asing yang melewati atau melintasi laun Indonesia, apalagi sampai mencuri ikan di laut Indonesia. Sedangkan yang di darat, menjaga wilayah pedalaman dan perbatasan. TNI juga bertugas membantu warga apabila terjadi bencana alam. Ada juga Pasukan Khusus yang biasanya mengawal Presiden atau melakukan kegiatan lebih khusus. Masih banyak tugas mulia TNI. Terima kasih TNI.

Tetap semangat Afni untuk selalu belajar.

Kisah Ashabul Kahfi

Kebetulan saya sedang mengaji surah Al Kahfi (index di Al quran). Setiap magrib anak-anak mendengarkan saya mengaji dan saya bacakan artinya. Salah satunya mengenai kisah Ashabul Kahfi.

Ashabul Kahfi (berdasarkan sumber wikipedia dan islam.nu.or.id) merupakan 7 pemuda dan 1 anjing yang bersembunyi dan tertidur selama ratusan tahun di dalam gua. Pemuda tersebut hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi, beberapa ratus tahun sebelum diutusnya Nabi Isa AS.

Mereka hidup di tengah masyarakat penyembah berhala dengan seorang raja yang dzalim. Ketika sang raja mengetahui ada sekelompok pemuda yang tidak menyembah berhala, maka sang raja marah lalu memanggil dan memerintahkan mereka untuk mengikuti kepercayaan sang raja.

Akan tetapi Ashabul Kahfi menolak perintah itu dan lari menjauh dari sang raja. Dikejarlah mereka untuk dibunuh. Namun, mereka selamat dari kejaran pasukan raja dengan bersembunyi di sebuah gua.

Mereka terbangun setelah ratusan tahun. Dan terkaget-kaget, ketika melihat lingkungan di sekitar gua berubah. Mereka mencoba masuk ke pusat kota dan menggunakan uang yang mereka pegang ke pasar untuk membeli makanan, namun uang tersebut sudah tidak berlaku.

Menimba Teladan dari Kisah Pemuda Ashabul Kahfi
sumber gambar: islam.nu.or.id

Begitulah kira-kira sepenggal kisah Ashabul Kahfi.

 

Food chain atau rantai makanan

Gegara baca postingannya Pak Dahlan Iskan mengenai nyamuk, saya jadi cerita sama Afni sembari main tebak-tebakan. Jadi menurut tulisannya Pak Dahlan, bahwa China telah berhasil melakukan percobaan untuk menghilangkan nyamuk 100% di suatu pulau di China.

Saya jadi tebak-tebakan sama Afni, ketika Afni mengeluh soal banyaknya nyamuk di rumah sampai-sampai menggigit Afni dan Faiz saat tidur.

“Afni kalo misalnya nyamuk ga ada sama sekali di bumi ini atau setidaknya di Depok, gimana?”

Afni menjawab, “Wah seneng dong, aku ga gatal-gatal atau bentol lagi karena digigit nyamuk. Penyakit yang dibawa (ditularkan) oleh nyamukpun menjadi berkurang.”

saya jawab kembali “nyamuk dimakan oleh siapa sih?”

Afni bilang “sama kodok atau cicak”

“Kalau nyamuk hilang, kodok dan cicak kelaparan ga?”

Afni jawab “iya.”

saya jawab lagi “jadi kalo nyamuk hilang, kodok dan cicak ikut hilang, kemudian kodok dan cicak dimakan siapa? haha” kita sama-sama bingung.

Namun, Afni langsung mengerti bahwa yang sedang dibicarakan adalah mengenai rantai makanan.

Biasanya dibuku-buku diceritakan dari mulai rumput atau tumbuhan yang dimakan oleh hewan herbivora seperti rusa atau sapi. Kemudian herbivora akan dimakan oleh hewan karnivora seperti singa dan harimau. Dan harimau mati bisa dimakan oleh burung bankai ataupun diuraikan oleh organism.

Afni juga bercerita, bahwa rantai makanan tidak hanya terjadi di darat. Di lautpun terdapat rantai makanannya.

Image result for rantai makanan
sumber gambar : gurupendidikan.com

 

 

Semangat Afni.